Minggu, 01 Februari 2009

Gudeg (basah) depan Bioskop Permata


Gudeg adalah Jogja, Jogja adalah gudeg. Dua kata ini nampak seperti kembar siam, sulit dipisahkan. Kalau Anda sejenak berkeliling kota Jogja, akan banyak menemui penjual masakan yang manis ini. Orang Jogja suka menyantap gudeg ini terutama di pagi dan malam hari. Masakan gudeg ada 2 macam, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Gudeg basah , hanya satu kali dimasak dengan direbus hingga habis airnya, Sedangkan gudeg kering , minimal 2 kali memasak hingga benar-benar kering. Gudeg kering mempunyai daya tahan lebih lama (bisa sampai 4-5 hari) daripada gudeg basah, karena air di dalamnya benar-benar sudah habis. Gudeg biasanya disajikan dengan sayur daun singkong, ayam , telur, dan krecek pedas (dari bahan kulit sapi). Untuk gudeg basah biasanya ditambahkan dengan areh.

Gudeg makanan khas kota Yogyakarta yang selalu ingin dinikmati jika kita berkunjung ke kota pusatnya seni budaya jawa maupun kotemporer. Makanan yang utamanya dibuat dari Nangka muda dan dimasak berjam-jam diatas tungku arang bersama telur dan daging ayam ditambah dengan Krecek. Orang mengenal dua jenis Gudeg yaitu Gudeg Basah yang agak berkuah dan Gudeng Kering yang tidak berkuah namun tahan untuk disajikan berhari-hari.

[IMG_9264.JPG]
Jika anda penikmat Gudeg yang sedikit berkuah dan ingin menikmati damainya kota Yogyakarta di malam hari, pergilah ke depan Bioskop Permata, namanya sesuai dengan lokasinya Gudeg Permata Bu Pudjo. Nasi Gudeg dengan aneka pilihan tambahan seperti telor ayam, tahu-tempe bacem, serta kuah santannya yang sangat gurih.


Meski lokasi dipedestrian dimana penjualnya duduk bersimpuh dikelilingi kuali-kuali namun untuk menikmatinya anda harus sabar menanti giliran. Antrian panjang mengelilingi dua orang ibu yang sibuk melayani permintaan pelanggannya untuk makan lesehan atau bungkus bawa pulang.

[IMG_9260.JPG]
Gudeg Permata terkenal sejak lama dan bukanya diatas jam 21.00, dan akan habis dalam 2 jam ke depan, karena penggemarnya dari dalam dan luar kota Yogyakarta.

Tidak ada komentar: