Minggu, 01 Februari 2009

Masakan Ikan - Morolejar


Warung Morolejar terletak di kaki gunung Merapi, arah jalan Kaliurang. Kurang lebih berada di sekitar 15 km dari kota Jogja ke arah utara. Warung nasi yang dulunya biasa kini menjelma menjadi resto besar bergaya lesehan, dengan 35 saung diatas lahan 1,5 ha.



Warung yang popular dengan nama Morolejar ini berada di pelosok desa yang sepi jauh dari keramaian dan pusat kota. Sang pemilik tidak berusaha mencari tempat yang strategis untuk memulai bisnis ini, karena pada awalnya warung nasi ini memang sekadar dapur bisa berasap dan keluarga tidak kelaparan. Awalnya warung ini diperuntukkan untuk para supir truk pengangkut pasir dan pekerja tambang yang tiap hari berlalu lalang. Namun dengan seiringnya waktu ternyata warung ini menjadi sangat ramai, laris manis dan selalu dipenuhi pengunjung.
Tak mengherankan bila Morolejar menjadi sangat popular di Sleman, Yogya dan sekitarnya.


Di tempat ini kita bisa menyantap makanan dengan santai dan tenang, di pondok-pondok bambu tradisional di tepi areal persawahan, dengan gemericik aliran sungai dan sejuknya udara pedesaan. Makanan yang special di tempat ini, tentu saja ikan gurame goreng atau bakar, oseng-oseng cabe hijau dan wader gorengnya.

Tidak ada komentar: